Senin, 20 Februari 2012

Peraturan yang ada di Gua Kematian

Ini adalah Rule GK yang pertama:

Dear Friends & Guilds @Clairebaldea, thanks karena udah bersedia meluangkan waktu untuk ikutan meeting WL tadi jam 9 di Laywook Barat. Berikut adalah hasil kesepakatan kita bersama :

1. Party dimulai setelah selesai maintenance mingguan

2. 3 hitter 3 healer pertama di tengah, 4 hitter 2 healer pertama di ujung

3. WL akan dipegang oleh satu orang Priest untuk secara kontinyu diteriakkan dan Priest yang lainnya memegang backup

4. WL hanya boleh diajukan dengan hadir/berbicara lsg di depan Priest pemegang WL. Tidak boleh dititipkan, tidak boleh melalui teriakan dan tidak boleh melalui whisp

5. Apabila akan terjadi pergantian healer/hitter, next WL akan di whisp oleh Priest pemegang WL, dan dimulai dari urutan WL pertama.

6. Apabila char yg di whisp itu dalam keadaan offline / AFK, akan diberikan toleransi 5 menit. Setelah 5 menit, WL char tersebut akan di-skip dan tetap pada urutannya (tidak dihapus / digeser).

7. Setelah char yang bersangkutan masuk ke dalam grup, Priest pemegang WL harus menghapus/mencoret WL char tersebut dari daftar

8. Selama berada di dalam grup, toleransi yang diberikan untuk AFK / DC hanyalah 30 menit

9. Durasi maksimal hunt adalah 12 jam baik pada saat EVENT maupun NON EVENT

10. Priest pemegang WL wajib mencatat durasi hunt semua char yang berada di grupnya.

11. Reset WL seperti sebelumnya setiap hari jam 5 pagi

12. Harap kita semua bisa menghargai dan menjalankan aturan WL yang sudah kita sepakati bersama, tanpa adanya manipulasi ataupun kecurangan.

Thanks to semua yang sudah hadir, thanks to Bendry yang sudah memimpin rapat, dan special thanks untuk Ghenthox yang sudah menghitung jumlah suara.

------------------ THE END ------------------




Nah, untuk point 10, mgkn kita bertanya-tanya gmn caranya mencatat durasi hunt seseorang supaya mudah. Td saya dan Bendry sempat diskusi, dan mau mengusulkan seperti ini, ada 2 alternatif :

1. Macro WL tengah dan ujung dipakai 1 slot untuk mencatat sekaligus meneriakkan pada jam brp char yg berada di grup itu mulai masuk ke dalam grup. Jadi komposisi macro nya akan menjadi seperti ini : a. Tengah : 5 hitter, 4 healer, 1 durasi
b. Ujung : 6 hitter, 3 healer, 1 durasi.
Misalnya Ghenthox mulai masuk grup ada jam 10.25, maka Priest pemegang WL akan mencatatkan itu ke dalam macro durasi. Contohnya seperti ini (waktu dimulainya hunt dibulatkan saja untuk mempersingkat penulisan)

%Ghenthox(10),Sesad(08),Bos(07),Baby (06),Halle(22)

Itu artinya Ghenthox mulai hunt dr jam 10, sesad dari jam 8, Boss dari jam 7, Halle dari jam 10 malam. Tapi kurang tau apakah 1 slot cukup atau gak untuk mencatat ini.

atau

2. Priest mencatat manual pada handphone nya masing2, dan meneriakkan nya secara berkala , dibantu juga oleh hitter yg slot macro nya msh kosong, untuk bantu meneriakkan ke goa, supaya bisa mengurangi upaya-upaya manipulasi WL

Sementara untuk point 12, untuk mencegah rekayasa, mungkin ada masukan juga dari teman-teman?

Ini hanya sekedar ide ya supaya system WL di atas bisa berjalan tanpa ada rekayasa. Ditunggu comment nya

          -------------------------------------------------0o0---------------------------------------------


Nah. Di atas itu lah Rule GK yang asli (Rule GK yang pertama). Tapi, kita lihat kenyataan skarang. Seperti apakah planggaran2 yg terjadi. Emmm. . . Mungkin saya tidak berhak berkata "pelanggaran yg terjadi", tapi mungkin lebih tepadnya, "perubahan yang trjadi". Dan ini lah beberapa prubahan itu.

poin 3. adalah, 1 priest saja yang memegang dan meneriakkan WL sedangkan healler lain hnya mem-BU (back up). Tapi skarang, semua healler adalah meneriakkan WL

poin 4. WL tidak boleh lewat wisp. Tapi, ada beberapa healler (tapi sedikit skali) yang kadang memasukkan temannya yang ingin WL lewat wisp padahal blm smpai tujuan. Mngkin bnar yg mreka pkirkan, "toh bntar lagi smpai", tapi hal ini guna mnjaga kjadian yg g diinginkan smisal ada org yg tiba2 nongol di tmpat WL.

poin 6. praturan yg bnar2 telah berubah. disitu dijlaskan, offline / AFK, toleransi 5 mnit. tetapi skarang, offline = lngsung skip. sdangkan AFK, masih sama, yakni toleransi 5 mnit.

poin 9. Untuk ini, durasi hunt hnya 12 jam berlaku untuk healler dan hitter, di tgh dan di ujung. Sedangkan sekarang, untuk healler tengah, bisa hunt tanpa batas dan bukan 12 jam.

Disitu tidak dijelaskan mengenai parkir. Saya sudah menemukan script masalah parkir, tapi lupa taruh di mana. ini saya tuliskan beberapa yg saya inget aja ya.

1. Parkir digunakan sebagai media pengganti WL untuk hari esok nya
2. Parkir dimulai dari jam 5 pagi, yakni ketika WL di reset
3. Parkir harus membuka chaatroom dengan mencantumkan nick dan waktu parkir. Untuk Parkir tengah, brada di altar tulang dan absen di kristal. Untuk ujung, Parkir di lorong dan absen di batu.
4. Guna menghindari kekacauan time akibat DC, ada sukarelawan yang mencatat nick serta time parkir
5. DC character hanya di beri toleransi 30 mnit. apabila lebih dari 30 mnit, maka di hapus dari parkir. Di sini adalah DC character, bukan DC koneksi. Sehingga, kalau sangkut, tidak dihitung ilang. Tetapi ditunggu hingga ilang baru dihitung time nya.
6. Apabila ada DC massal dari pihak SEAL sndiri, maka hilangnya char diitung dari waktu dimana SEAL sudah bisa normal kmbali atau bisa dimainkan kmbali dan bukan dari waktu DC nya massal.
7. Absen dilakukan untuk mengecek apakah yg parkir siap memasuki daftar WL atau tidak
8. Absen dilakukan 10 mnit sblm WL di reset, dan siap digeser nick bagi yang AFK 5 mnit sblm WL di reset.
9. Tepat pukul 5 pagi, WL di hapus dan siap digantikan oleh daftar parkir
10. Apabila ada yang WL ktika pukul 5 pagi, maka diletakkan setelah nick paling akhir dari parkir.
11. Setelah parkir dijadikan daftar WL, mka parkir di hapus dan dibuka kmbali untuk dijadikan dftar WL esok harinya

Itu praturan ttg parkir klo g salah ingat. untuk kejelasan, saya beri contoh

Hari Senin, WL nya adalah
T1:aaaaaaaa,bbbbbbb,cccccc,dddddd,eeeeee
T2:fffffff,ggggggg,hhhhhhh,iiiiiii,jjjjjjj
dst

Hari Senin jam 8 pagi Saya parkir. Jam 10 bedhildagger parkir. Jam 15. Avalone6 parkir. Jam 20 Rickyyy parkir. Penulisan pada dftar parkir adalah
P1:Mindbreakerr|Bedhildagger|Avalone6|Rickyyy

kmudian, jam 22 Sapiseksi parkir. shingga
P1:Mindbreakerr|Bedhildagger|Avalone6|Rickyyy|Sapiseksi

jika misal pnulisan di atas tidak muat di dalam makro, maka bisa dituliskan
P1:Mindbreakerr|Bedhildagger|Avalone6|Rickyyy
P2:Sapiseksi

kemudian. misal jam 01.00 dini hari, Hari Selasa Bedhildagger DC dan tidak kembali hingga 30 menit, maka urutan mnjadi
p1:Mindbreakerr|Avalone6|Rickyyy|Sapiseksi

kmd, misal jam 1.45 Mcallvhien parkir, shg mjadi
P1:Mindbreakerr|Avalone6|Rickyyy|Sapiseksi|Mcallvhien

km, misal jam 1.50 bedhildagger baru nongol, dan dia niat parkir lagi, maka mjadi

P1:Mindbreakerr|Avalone6|Rickyyy|Sapiseksi|Mcallvhien
P2:bedhildagger

pengkodean P1, P2, P3, dst, ini hanya simbol karena di makro tidak muat. jadi P1 itu, urutan yg bisa ditulis pada baris prtama. klo uda g muat n nick kepotong, ditulis di baris slnjutnya dg kode P2. dst

nah. Kemudian, misal jam 4.50. kan harus absen. Semua harus siap2 di tmpat absen. Dan pemegang parkir harus siap2 menge-cek. dan ktika 4.55, nick nick pada P1, P2, dst, dipastikan kehadirannya dan jika tidak hadir, digeser ke urutan blakang. misal pas absen, si Avalone6 masih molor, dan si Rickyyy jg molor. maka urutan P mnjadi

P1:Mindbreakerr||Sapiseksi|Mcallvhien|Bedhildagger|Avalone6
P2:Rickyyy

Kmudian, pas jam 5 tet, WL yg td yakni
T1:aaaaaaa,bbbbbbb,ccccccc,ddddd
dst
dihapus dan diganti dengan
T1:Mindbreakerr|Sapiseksi|Mcallvhien|Bedhildagger|Avalone6
T2:Rickyyy
dan daftar parkir dikosongkan lagi

apabila ada yg WL, maka diletakkan setelah nya. misal Burn77 WL. shg

T1:Mindbreakerr|Sapiseksi|Mcallvhien|Bedhildagger|Avalone6
T2:Rickyyy|Burn77

dan pas waktu ini, daftar parkir dibuka untuk mengganti WL hari esok nya lagi. Jadi bukan brarti kita uda parkir trus kok g dapet dapet knapa yaa ??? ya iyalah. km parkir di urutan brapa. trus yg hunt jg full 12 jam apa g. klo pada 12 jam, kmu P2 mah, masuk T2, jg tetep g dapet hunt. harus parkir lagi.

Itu untuk mnjelaskan beberapa org  yang g tau aturan. Yang cuma bisa bilang, "kmaren aku parkir uda di Px, trus jadi Tx, knapa skarang nick ku g ada" pada healler. mungkin bagi yg blom pnah ke GK, rumit. tapi klo uda pnah ngalami, simple bgt. walo ada yg bilang, "ribet bgt mau hunt ". tetapi prlu diktahui, tengah ini ada sbagian yg menggunakannya sbg ladang pkerjaan. dan bukan hnya bocah yang meladang di siini. tetapi para pebisnis muda jg.

panjang bgt dan rumit bgt ya ????
untuk lbih jlas nya, silakan terjun lngsung ke GK slama 1 minggu dan g usa comment. dan kalian akan mngerti.

capek nulis sgini panjang --a.
cuma saran saya.
buat hitter, skali2 mampir lah sini mengadu nasib. sapa tau dapet G13. mumpung G13 masih jadi maskot. yaa iseng2 aja WL. toh g ada salah nya klo cm iseng ee dapet giliran :D
buat healler, di sini jg ksmpatan mncari pnghasilan. dijamin prmta akan dikasih ke kalian, tapi ya urut. kan healler nya g cuma 1.

Tapi untuk ke GK, di sarankan lv 100++ guna menghindari susah nya perantara.


Masalah Parkir pun jg beda dg rule yg uda di buat.
dlu, yg mncatat parkir, harus mncatat nick di mikro, kmd nick serta time di krtas. skarang ??? mau parkir aja cuma bilang "parkir". g buka chat room, dan bhkan, mau prgi jln2 g bilangin time pergi nya dan time datang kmbali. parah bgt kan. ini yg kadang bkin ricuh.




          -------------------------------------------------0o0---------------------------------------------

Rule Gua Kematian yang sekarang, yakni yang telah diadakan di Hutan Silon jam 20.30 WIB
Masih sama dengan Rule GK yang telah disepakati dulu, di sini, hanya sedikit mengalami perubahan. Perubahan itu yakni :

1. Waktu untuk hunt ujung dan tengah, adalah selama 9 jam, dan bukan 12 jam.

2. Spot hunt ujung yang dulu di lorong, sekarang dipindah ke Holy Cow (Sapi) yang ada di dekat warp ke Tempat Kematian. Sedangkan untuk spot ujung, batu dan pertigaan, masih tetap.

Diadakan hal demikian, karena semakin banyaknya penduduk ClaireBaldea.
Terima kasih


          -------------------------------------------------0o0---------------------------------------------


dah ah. capek nulis. dah yaaa.
thanks
[Priest]Vriissa

1 komentar: