Minggu, 03 November 2013

[Els] Tips n Trick 03

Updaaateee updateee.

yang ditunggu - tunggu akhirnya nongol juga.
Oke. . . . tips n trick episode 3, adalah mengenai transaksi

Sebenernya uda kepikiran sejak lama sih nulis ini. Bahkan sejak aku dulu maen Seal (skitar 2 tahun yang lalu sejak post ini aku buat). Tetapi karena selalu males, males dan males, jadi nya ya g jadi buat nulis.

Namun sekarang karena lagi ada waktu luang dan lagi mood buat nulis, langsung aja deh nulis.

Tips n Trick transaksi ????
yap. Transaksi. Transaksi di dunia maya kerap kali menjadi momok yang sangat HOT di forum jual beli atau di game, bahkan di list email GM yang didapat dari player (beneran lhoh ini :3)

Hanya saja, perlu kalian ketahui, alasan GM melarang RMT alias real money trading (setau saya sih, klo salah, koreksi ya -,-a) adalah karena hal ini. Banyak penipuan yang terjadi di dunia maya.

Sekarang, tau sendiri kan, kita beli barang di dunia maya (khususnya game) sedangkan kita tidak pernah bertatap muka. Sangat mudah sekali digunakan sebagai ladang penipuan. Karena hal ini lah, GM dari hampir semua game online di Indonesia, melarang keras RMT. GM kan ngga mungkin nge ganti uang kalian yg dicuri ma penipu. hwakakakak

Nah, karena itu, aku mo ngasih tips n trick dalam bertransaksi. Biar aman aja kok :3. Masalah mo diikutin apa ngga, bebas. Aku cm skedar ngasih masukan. Klo mo ditambahin, silakan PM FB ku. Klo mo protes yg menjelekkan, maaf ya, ngga terima curhat orang ngga berpendidikan.




Langsung saja.

Silakan bertransaksi dengan orang yang benar - benar TRUSTED.

Karena aku sudah bertahun-tahun jualan di game online (walo kecil-kecil an, g papa lah, tp total uda lumayan juga sih), aku udah bnyak menemui orang-orang yang jg berjualan di game online. Trusted, yang berarti "terpercaya" alias aman dan ngga mungkin nipu, aku berani bilang, dia hanya 99% TRUSTED. Yap. 1% adalah godaan nafsu. Kenyataan dulu pas aku masih maen game Seal, orang trusted yang hampir dikenal bnyak org pun, tyt juga nipu loh. Tp setauku, uang nya dibalikin sih (setelah melalui proses panjang). Tp, paling tidak, 99% itu sudah hampir merupakan jaminan dia ngga mungkin nipu.

Untuk mengecek apakah seorang itu TRUSTED apa bukan, adalah dari orang di sekitar nya. Baca sekali lagi. orang di sekitar nya, bukan temen nya duand. Kenapa ? nama nya temen, itu blm tentu orang lain. Kalo org disekitarnya, temen udah pasti masuk di sana. Jadi, aku saran, liat lah dia dlu. Bnyak yang kenal ngga walo dia g pernah ktemu real atau merupakan friend di FB ato g punya PIN BB ato PIN BB android nya.

Orang yang TRUSTED biasanya mudah bergaul dan dia "umumnya" dewasa. Dewasa bukan berarti umur belasan bahkan puluhan. Dewasa tidak ditentukan dari umur. :3. Tetapi, umur bisa dijadikan patokan dia dewasa apa bukan, namun ngga menjamin.

Dia menggunakan FB asli untuk memperkenalkan diri dan menggunakan char asli untuk COD di game, bahkan untuk transaksi sekalipun. Namun setauku, bnyak org TRUSTED yang punya char dagang. Yang jelas, cek lah FB nya. Berapa friend dia, karena banyak FB kloningan.

Kalau orang yang niat nipu, biasanya dia rela bikin ID FB super banyak agar terlihat punya banyak friend. Silakan cek tgl pembuatan FB nya. Setauku, g mungkin sebuah FB itu punya friend 100 orang dalam waktu kurang dari 1 bulan. Karena apa ? langsung di hapus sama pihak Facebook. Jadi, silakan cek FB tsb merupakan FB kloning apa bukan. Jika list friend sedikit, bs jadi kloningan. Namun, ngga mnutup kmungkinan, seorang gamer itu memang membuat FB baru untuk dia sebarkan di dalam game, untuk hal ini, silakan cek char dia dan ke TRUSTED an char dia di game. Usahakan selalu pastikan alamat web nya, krn org2 TRUSTED yang memang bkin FB sndiri untuk game, biasanya memang friend nya sedikit, jadi selalu crosscheck kan dengan char dia di game apakah trusted apa tidak

Usahakan jangan mempercayai nick / FB / nomer telepon yang mengaku-ngaku sebagai orang yang TRUSTED. Hal ini banyak terjadi di dalam game. Usahakan selalu tanya pada nick asli, dia mempunyai nick tsb apa tidak.

Jangan terlalu mudah percaya kata-kata "Saya trusted kk", "aman kok, tenang aja", "lu ngga usa banyak bacod, saya aman", dst. Orang trusted g mungkin cm bilang itu. Dia pasti akan memberikan bukti-bukti bahwa dia memang trusted.

Untuk masalah bukti ini, aku hanya bisa menerima hal ini, bukti dia aman, adalah ketika dia sering bertransaksi yang memberikan dia banyak kesempatan untuk menipu, misal RP 1st, atau barang 1st, dan sjenis nya. Kalau cuma bukti trans "jual barang ini 2 juta, dan aku jual nya COD an", sama aja kali. COD kan ngga mungkin dia nipu (kcuali dia sindikat). Atau misal "aku uda pernah transaksi sekian ratus juta ED ketika menjual barang A, B, C, D, dst, nih SS nya", ini juga sama aja. G mungkin aku nipu, klo misal aku mau beli langsung via trans di game kan ?

Jadi, bukti aman disini adalah, ketika seseorang itu pernah melakukan transaksi yang misal "aku pernah jual barang A dg harga sekian ratus ribu, nih SS nya", SS nya adalah SS ketika dia ngasih barang tsb ke char pembeli. atau "aku pernah beli barang B dg harga sekian dan barang itu aku minta 1st", dimana SS nya adalah SS ketika dia menerima brg dlu, baru uang dia trans via ATM. Dan SS bukti transaksi ini, tidak hanya satu dua tiga saja. Namun uda banyak, misal dalam jumlah minimal 5juta (syarat dan ketentuan di FJB). Itu adalah kriteria SS bukti dia aman. Tapi aku hanya berani jamin 80% dia trusted. sisa nya, adalah org2 disekitarnya.

Jangan bertransaksi dg org yang tidak mau menerima bukti anda trusted. Hal ini biasa terjadi. Misal dalam negosiasi barang, seorang yg trusted udah memberikan bukti bahwa dia trusted, tp si lawan dagang, tyt malah kolot alias masih bertahan mau meminta RP 1st atau barang 1st. Dah klo kek gini, kembali lagi ke smua yang ada di sini. cek cek aja smua. Klo males nge cek, mending kamu skip aja itu org. Seorang yang memang trusted dan niat, pasti akan mengecek bukti ke trusted an org laen kok. Kalo kolot, itu mah tanda-tanda mo nipu

Gunakan pihak ketiga jika memang pembeli dan penjual sama sama kolot meminta barang 1st atau RP 1st atau sjenisnya. Jika pembeli dan penjual sama sama udah niat namun sama sama tidak percaya, gunakan pihak ketiga yang memang bener2 trusted. Namun jika pihak ketiga meminta biaya, silakan dirundingkan sendiri.

Untuk pihak ketiga yang dipercayai memegang NC, aku sarankan jgn mau memegang kode pocer. Peganglah NC YANG DIDAPAT DARI TOP UP, BUKAN DARI TRANS NC. Karena apa ? Mau nih km pihak ketiga menanggung resiko klo kode itu beneran kode yg bener dan bs di isi ? hwakakakka. Kalau km pegang NC via top up, setelah brg di kasih, baru deh km kasi NC nya via trans ke pembeli / penjual tsb.

Jangan tergiur harga murah hingga buta hati ngga peduli dg keamanan. Bnyak kejadian kek gini, harga murah lgsung dibeli. Padahal blm tentu dia aman. Org jual harga murah, hanya ada 2 kmungkinan buruk bagi seorang pembeli. "ketipu" dan "diambil org dulu". Hal ini adalah pilihan. Silakan tentukan sndiri. Mau bersabar cari info, atau lgsung ambil dg konsekuensi adalah ketipu.

ummm, apalagi ya. . . .

Oh iya, bertransaksilah dg org yang ada kenal baik. Ini juga untuk mengurangi kemungkinan terjadi penipuan.

COD jika memang deket. Untuk COD, usahakan memakai laptop sndiri2 untuk log in. Kalau memang log in pakai laptop si penjual / pembeli, silakan cek apakah ada keylogger apa tidak. Untuk hal ini, silakan jika memang mau cari aman, suru si pemilik laptop untuk restart dulu laptop nya :3. Jadi usahakan jgn trans pakai PC warnet yah. TP klo warnet nya aman, silakan aja sih. Aku kan cm ngasih usul biar ngga kena tipu :3

Udah dulu kayak nya. Kalau nanti ada update lagi, aku update lagi :o

Hanya itu yang bisa aku sarankan. Ingat, ini cm saran, bukan sebuah kepastian krn bisa jadi ini masih ada kesalahan.


Kalau mau saran dan kritik yang membangun, silakan PM FB ku. Kalau mau protes dan marah - marah, maaf aku ngga akan bales comment dari org yg ngga berpendidikan.

Makasih :3

by Suzhaku

Tidak ada komentar:

Posting Komentar